banner 728x250
Bola  

Dilabeli Tim Paling Lemah di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Wajib Bersyukur

Dilabeli Tim Paling Lemah di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Wajib Bersyukur
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Timnas Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu tim paling lemah dari 24 negara peserta Piala Asia 2023 Qatar. Namun, Timnas Indonesia wajib bersyukur meski sama sekali tidak diunggulkan pada turnamen yang akan dihelat di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 itu.

Timnas Indonesia memang jadi salah satu tim peserta Piala Asia 2023 dengan peringkat FIFA terendah.

banner 325x300

Indonesia hanya berada di rangking 146 dunia, hanya unggul di atas Hong Kong (150) yang merupakan tim dengan peringkat terendah di Piala Asia Qatar.

Timnas Indonesia juga tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama tim-tim elite Asia macam Jepang, Irak hingga Vietnam, tiga tim yang ada di 100 besar ranking FIFA.

Pandit sepak bola Tanah Air, Binder Singh, mengakui bahwa peluang skuad Garuda untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia memang sangat tipis.

Namun, hal ini justru bisa jadi keuntungan sendiri bagi skuad besutan pelatih Shin Tae-yong tersebut.

“Ketika saya menyimpulkan peluang Indonesia tipis, berada di peringkat paling bawah dengan probabilitas untuk lolos, itu bagus,” kata pria yang akrab dikenal dengan nama Bung Binder itu, dalam podcast Hasani’s Corner di YouTube, Selasa (9/12/2024).

“Indonesia tentu akan dianggap tim underdog. Kalau (dianggap) tim underdog, apa yang kalian khawatirkan? Para pemain bisa main lepas saja, tanpa beban. Justru kita harus bersyukur karena tidak diunggulkan,” sambungnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dalam laga perdana mereka pada ajang ini. Laga tersebut akan dihelat pada Senin (15/1) mendatang.

Empat hari berselang, giliran Vietnam yang akan menjadi lawan skuad Garuda di Grup D. Pada laga pamungkas, Rabu (24/1), Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang.

Sejauh ini, Indonesia sudah empat kali mengikuti Piala Asia. Prestasi terbaik mereka sejauh ini adalah menempati peringkat ketiga klasemen fase grup.

Lebih lanjut, Binder pun mewanti-wanti kepada para suporter agar mereka tak berekspektasi terlalu tinggi. Pasalnya, ia menambahkan, ekspektasi berlebihan ini justru akan menjadi tekanan bagi para penggawa skuad Garuda.

“Yang perlu kita lakukan adalah memberi mereka dukungan. Kita berdoa agar mereka bisa bermain sebaik mungkin, dengan harapan mereka bisa lolos,” kata Binder.

“Jangan kita di awal sudah bangun hype, ternyata first match-nya tidak sesuai ekspektasi, terus kita menghujat mereka,” tandasnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250