banner 728x250
Index  

Doa Sayyidul Istighfar sebagai Pintu Ampunan

Doa Sayyidul Istighfar sebagai Pintu Ampunan
banner 120x600
banner 468x60

SuaraSumbar.id – Guna memperkuat ibadah dan taubat, umat Islam disarankan untuk mengamalkan doa Sayyidul Istighfar, yang dianggap sebagai salah satu doa istighfar paling utama.

Doa ini dikenal memiliki keutamaan besar dalam memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

banner 325x300

Sayyidul Istighfar, yang berarti “pemimpin dari semua doa istighfar,” dianggap sebagai kalimat istighfar terbaik, dan merupakan doa yang sangat mustajab apabila diamalkan dengan sungguh-sungguh.

Doa ini bukan hanya sekadar memohon ampunan, tetapi juga mengakui kebesaran dan nikmat Allah, serta mengakui segala dosa yang telah diperbuat oleh si pemohon.

Berikut adalah teks, lafadz, dan arti dari doa Sayyidul Istighfar:

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

(Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu a’uudzu bika min syarri ma shana’tu abuu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa ant(a))

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Doa ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan memohon ampunan dan berusaha meningkatkan ketakwaan.

Selain mengamalkan doa ini, umat Islam juga diingatkan untuk terus melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan yang dapat menjerumuskan ke dalam dosa.

Para ulama dan pemuka agama menyarankan agar umat Islam mengamalkan doa Sayyidul Istighfar ini secara rutin, terutama setelah sholat dan pada waktu-waktu mustajab lainnya.

Kontributor : Rizky Islam

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250