banner 728x250

Dukung Anies Baswedan, Saut Sitomorang: Prabowo Dan Ganjar Lebih Berisiko Korupsi

Dukung Anies Baswedan, Saut Sitomorang: Prabowo Dan Ganjar Lebih Berisiko Korupsi
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Mantan komisioner Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) blak-blakan mengungkapkan bagaimana dirinya kekinian menjadi pendukung AMIN, Anies-Muhaimin.

Dalam podcast Saut Sitomorang kekinian menjadi Dewan Pakar Hukum AMIN ini mengungkapkan awalnya ia tidak langsung mengungkapkan jika akan mendukung pasangan calon (paslon) nomor 1 ini.

banner 325x300

Saut Sitomorang yang sebelumnya menjadi dosen di luar negeri kembali ke Indonesia.  “Akhirnya ada mantan mahasiswa saya yang sekarang politik Golkar, saya diajak berkumpul pembentukan lucutan KIB. Saya suka ini, momen pertemuan di Senayan,” ujar Saut.

Saat itu, Saut mengakui jika dirinya ingin memujudkan Presiden berintegritas.

“Di pertemuan dengan banyak mahasiswa ini, saya sama dengan Rocky Gerung (tidak menyebut dukungan). Namun saya mulai jujur mencari sosok capres yang punya potensi korupsi paling kecil, tapi saya jelaskan apa itu korupsi,” ujar Saut menjabarkan alasanya.

Ia berkali-kali menekankan Indonesia perlu Presiden yang minim resiko korupsinya. “JIka dipaksa juga (soal dukungan), saya sebut nama Anies. Saya sampai pikir, Anies makin ramai disebut. Bagus ini barang,” sambung Saut.

Dia pun kemudian bagaimana kalangan pendukung Anies menyebut ada nama Saut muncul agar mendukung.

“Akhirnya saya jawab, pada yang tanya dan ngajak (tim Anies), saya jawab oke dan silahkan,” aku Saut yang mengungkapkan sosok penghubung ke kalangan pendukung Anies diantaranya petinggi akademisi di kampus Paramadina.

Diakui Saut pada awalnya banyak media yang mempertanyakan mengenai alasan mengapa ingin bergabung sebagai pendukung Anies.

Saut kemudian menjawab pertanyaan media dengan nada ketus,”Emang gak boleh?,”. 

Pria kelahiran 20 Februari ini pun kemudian blak-blakan jika Anies ialah capres yang rendah potensi korupsi.

“Alasan lainnya saya ingin mengawal integritas, dari aspek pencegahan. Upaya memperingati orang-orang yang berpeluang, dari awal sudah mengingat. Lebih kepada bagaimana KPK, yakni menjaga orang baik tetap baik” ujar Saut menjabarkan di YouTube Katadata yang dilihat Selasa (9/1/2024).

Saut mengungkapkan Indonesia harus meniru bagaimana Amerika dengan model-model punya integritas pada pejabat negara memelihara etik.”Sensornya lebih dari intelegen, yakni pencegahan. Nah ini ada di pogram Anies, dan saya sepakat untuk itu,” aku Saut kemudian.

Saut membenarkan jika dua paslon lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar punya potensi korupsi lebih tinggi dari Anies Baswedan. “Harapannya ke depan, saya pribadi berada di barisan yang mulia calon presiden Anies Baswedan,” aku Saut yang mengakui belum melakukan pertemuan khusus bersama Anies Baswedan dan Cak Imin.

Saut mengungkapkan bagaimana Anies juga pernah menjadi ketua etik KPK. Selain itu, di kampus yang dipimpinanya, juga ada pelajaran wajib mengenai korupsi. Saut pun mengungkapkan diri sebagai seorang thaliban dan kristen namun ternyata nyalinya pendukung Anies Baswedan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250