banner 728x250

Intip Desain Klasik Bus PO Restu, Belum Pakai Livery Panda

Intip Desain Klasik Bus PO Restu, Belum Pakai Livery Panda
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Restu menjadi salah satu layanan bus AKAP, AKDP dan juga bus pariwisata ikonik dengan gambar hewan panda pada sekujur bodi. Namun siapa yang menyangka bila pada awal karirnya melayani masyarakat Indonesia, bus PO Restu tidak menggunakan gambar panda. 

Beberapa foto bus klasik atau bus lawas milik PO Restu tersebar di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @busklasik.

banner 325x300

Pada keterangan foto bertuliskan bila gambar bus tempo dulu tersebut dibidik pada tahun 1997. Kemudian dapur pacu bus tersebut ditopang oleh Hino AK. Hanya saja tidak diketahui dari bodi tersebut buatan dari karoseri mana.

Baca juga: Sebelum Pakai Sasis Hino, PO Ramayana Pernah Pakai Sasis Chevrolet

Berbeda jauh dengan tampilan bus PO Restu saat ini, unit tersebut tampil dengan nuansa khas bus era 90an dimana masih berbentuk kotak dengan kaca depan tegak.

Kemudian bodi bus menggunakan kelir dasar putih dengan livery kalem. Bukan gambar panda, justru bagian bodi bus berhiaskan livery sederhana yakni hanya berupa garis hijau dan merah. 

Namun logo tulisan Restu masih belum berubah hingga sekarang yakni dengan warna merah dengan font yang disambung. 

Bus baru PO RestuInstagram @hisyam_2542 Bus baru PO Restu

Baca juga: Sirkuit Sentul Siapkan Lintasan buat Drift dan Slalom

Berdasarkan halaman resmi www.restupanda.com, PO Restu sendiri sudah bermarkas di Malang, Jawa Timur pada 22 Februari 1985.

Sejak awal bus memang menggunakan livery garis hijau. Namun baru pada 2009, PO mengubah desain bus dengan ciri khas livery panda. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250