banner 728x250

Video Motor Masuk Tol Dalam Kota, Kabur Lawan Arah Saat Dikejar

Video Motor Masuk Tol Dalam Kota, Kabur Lawan Arah Saat Dikejar
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus sepeda motor masuk jalan tol kembali terjadi, kali ini di Tol Dalam Kota, Jakarta. Terlihat pada video yang tersebar di media sosial, motor sedang lawan arus dan ada di lajur paling kanan.

Video tersebut bisa dilihat di akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram. Berdasarkan keterangan, kejadiannya Minggu (19/11/2023) malam hari sekitar pukul 23.00 WIB dan hujan.

banner 325x300

Motor datang dari arah depan mobil perekam yang ada di lajur paling kanan jalan tol. Beruntung pengemudinya waspada, sehingga bisa menghindari tabrak depan.

Baca juga: United Serahkan Ratusan Motor Listrik T1800 ke Disbud Badung

 

Dodo Adroni, Communication & Customer Relation Section Head Jasamarga mengkonfirmasi memang ada kejadian motor yang masuk ke Tol Dalam Kota.

“Benar ada satu unit motor yang memasuki Tol Dalam Kita pada tanggal 19 November 2023 pukul 23.28 WIB. Petugas sudah mencoba melakukan pengamanan dan pengejaran, namun yang bersangkutan melarikan diri ke arah tol Cawang-Tj. Priok,” kata Dodo kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Setelah koordinasi dengan Patroli Tol Cawang-TJ. Priok, motor tersebut keluar di Jatinegara. Pihak Jasamarga memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Baca juga: Daftar Pemenang Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengendara motor di Indonesia banyak yang cuma sekadar bisa dan langsung menganggap dirinya kompeten.

“Padahal yang namanya berkendara itu tidak hanya terampil menguasai motornya saja, tapi juga ilmu dan aturan keselamatan, supaya tertib aturan dan bisa mengontrol bahaya,” kata Sony kepada Kompas.com.

Kalau misalnya pengendara paham aturan keselamatan, maka dia takut melanggar aturan, apalagi kalau sampai masuk tol. Jalan tol adalah tempat yang berbahaya buat pengendara motor, gampang oleng, apalagi lawan arus.

“Itulah pentingnya paham tujuan, arah dan rute yang jelas supaya tidak nyasar. Kemungkinan dia (pengendara) nyasar, karena malam dan enggak tahu arah,” kata Sony.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250