banner 728x250

Hitung Efisiensi Daya MG4 EV buat Dipakai Harian

Hitung Efisiensi Daya MG4 EV buat Dipakai Harian
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Morris Garages (MG) MG4 EV menawarkan performa yang lebih dari cukup untuk sekadar digunakan berkendara harian. Meski demikian, efisiensi daya yang dihasil mobil listrik ini juga cukup baik.

MG4 EV dibekali dengan baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 51 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini diklaim dapat menempuh jarak hingga 425 km, menggunakan metode New European Driving Cycle (NEDC).

banner 325x300

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Mobil Listrik MG4 EV

Sementara pada pengetesan yang dilakukan oleh redaksi Kompas.com, MG4 EV menghasilkan 16,2 kWh per 100 km. Jika dikonversi, maka hasilnya adalah 6,1 km/kWh. Artinya, dengan baterai 51 kWh, maka dapat menempuh jarak hingga 311 kilometer.

Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EV

Pengetesan dilakukan dengan redaksi Kompas.com yang memiliki bobot 62 kg. Kondisi jalan saat pengetesan cukup beragam, baik macet hingga lalu lintas lancar. Dengan waktu pengetesan sekitar 3 jam, kecepatan rata-rata yang dihasilkan 18 kilometer per jam.

Selain itu, mode yang digunakan adalah Eco dengan sistem pengereman regeneratif tingkat 4 atau yang tertinggi. Gaya berkendaranya juga normal, tidak menggunakan teknik eco driving.

Baca juga: Bawa MG4 EV buat Dipakai Harian, Ini Ulasannya

Bila diasumsikan listrik di rumah memiliki daya 3.500-5.500 VA, dengan tarif per kWh adalah Rp 1.699,53, maka untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh, dibutuhkan biaya Rp 86.676.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Namun, perlu diingat bahwa PT PLN (Persero) juga memberikan diskon bagi pemilik mobil listrik yang menggunakan home charging. Untuk pengisian pada pukul 23.00 – 05.00, mendapat potongan harga sebesar 30 persen.

Sehingga, selain MG4 EV memiliki performa yang bertenaga cukup tinggi, efisiensi daya yang dihasilkan masih terbilang cukup baik.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Test drive mobil listrik MG4 EV

MG4 EV hadir dengan tipe Magnify i-Smart yang dibanderol Rp 699,9 juta (OTR Jakarta). Selain itu, ada pula tipe Ignite yang harganya Rp 649,9 juta (OTR Jakarta).

MG4 EV saat ini hadir dalam lima pilihan warna, yakni Brighton Blue, Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, Scarlet Red, dan yang terbaru Volcano Orange.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250