banner 728x250
Bola  

3 Pemain Abroad Indonesia yang Tak Dipakai Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023

3 Pemain Abroad Indonesia yang Tak Dipakai Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Berkarier di luar negeri bukan menjadi jaminan untuk bisa menarik hati pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ada beberapa pertimbangan yang menjadi alasan pelatih asal Korea Selatan itu.

Kemampuan tidak menjadi jaminan utama. Selain skill, attitude digadang-gadang juga menjadi faktor apakah pemain itu bisa masuk dalam skuat Timnas Indonesia, terutama untuk Piala Asia 2023.

banner 325x300

Beberapa nama di bawah ini adalah contoh mengenai pemain yang berkarier di luar negeri, tetapi belum mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

1. Saddil Ramdani

Kisah pedih Saddil Ramdani yang dicoret dari skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, hanya beberapa hari sebelum memulai babak penyisihan grup.

Saddil Ramdani tak sendiri, Arkhan Fikri turut dicoret dari daftar pemain Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2023.

Hal ini dikonfirmasi langsung Sumardji selaku Ketua Badan Tim Nasional (BTN) dan membeberkan penyebab pencoretan oleh Shin Tae-yong.

Meski begitu tak disebut secara spesifik kesalahan apa yang membuat Saddil dicoret, setelah sebelumnya Adam Alis yang ditunjuk.

“Pertimbangannya adalah teknis. Ada kriteria-kriteria yang dinilai oleh Coach Shin Tae-yong,” ucap Sumardji kepada awak media.

“Penilaiannya itu mulai dari teknis sampai strategi,” imbuh Anggota Exco PSSI yang juga manajer Bhayangkara FC itu.

Saddil pun menjadi satu-satunya pemain abroad yang disingkirkan Shin Tae-yong dengan keputusan mencoretnya dari skuad Piala Asia 2023.

Mengingat sosoknya saat ini tengah berkarier di Liga Malaysia bersama Sabah FC, skuad Garuda saat ini memang dipenuhi pemain abroad.

Total ada 11 pemain abroad yang dipanggil sebelumnya, dengan keluarnya Saddil menjadi 10 pemain yang masih bertahan.

Meski begitu ada pemain abroad lain yang tak dipanggil Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

2. Yanto Basna (Thailand)

Setelah gagal membawa Kalteng Putra promosi, Yanto Basna kembali ke Thailand memperkuat klub lamanya, PT Prachuap FC.

Memanfaatkan statusnya yang bebas transfer, Yanto Basna kembali ke klub yang pernah dibelanya pada 2020 lalu.

Kembalinya Yanto ke Thailand mengubah statusnya menjadi pemain abroad, namun kualitasnya sama sekali tak dilirik Shin Tae-yong.

Yanto pernah membela Timnas Indonesia di era kepelatihan sebelumnya, namun kariernya di level tim nasional tak bertahan lama.

3. Mohammad Ali Rahman (Qatar)

Satu pemain abroad di Qatar, tempat di mana Piala Asia 2023 digelar dialah Mohammad Ali Rahman, pemuda berusia 23 tahun.

Saat ini Ali Rahman bermain di Al-Ghafara, statusnya sebagai WNI pun tak dipandang Shin Tae-yong yang lebih memilih pemain keturunan asal Eropa.

Selain itu menumpuknya stok gelandang di Timnas Indonesia saat ini juga ditengarai memberi dampak signifikan terhadap tidak dipanggilnya dirinya.

Kontributor: Eko

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250