banner 728x250

Video Aksi Sopir Bus Menaklukkan Tanjakan SpongeBob di Bandung

Video Aksi Sopir Bus Menaklukkan Tanjakan SpongeBob di Bandung
banner 120x600
banner 468x60

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanjakan SpongeBob menjadi pembicaraan lantaran punya lintasan yang ekstrem bagi para pengendara. Jalan alternatif menuju kawasan wisata Lembang Kota Bandung memiliki kontur tanah dengan sudut kemiringan yang sangat curam.

banner 325x300

Lantaran menjadi tanjakan yang terjal, banyak kendaraan yang kesulitan menaklukkan medan jalan karena tidak kuat menanjak. 

Namun, belum lama ini ada video yang menampilkan bus dengan mulus tanpa kesulitan saat melintasi tanjakan SpongeBob.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @videobusindonesia_ itu, terlihat bus pariwisata yang diketahui dari perusahaan otobus (PO) Hiba Utama berjalan mulus hingga ke arah puncak tanjakan. 

Baca juga: Rekor Lap Time Honda Jazz di Sentul Dipatahkan City Hatchback

 

Bambang, salah satu sopir bus PO Kramat Djati divisi pariwisata, mengomentari, tanjakan SpongeBob kerap digunakan oleh sejumlah pengendara dari arah Kota Bandung yang ingin sampai dengan cepat ke Lembang. Maka dari itu biasanya sopir bus divisi pariwisata yang melintasi jalan tersebut sudah akrab dengan medan tanjakan. 

“Kalau sopir bus pariwisata yang belum pernah melintasi tanjakan tersebut pasti tidak akan langsung nekat. Sebab, mereka akan mempertimbangkan banyak hal. Kalau sampai gegabah, nantinya akan mengancam banyak nyawa. Maka dari itu, pasti sopir yang ada di video tersebut sudah punya jam terbang yang tinggi atau sudah pernah melintasi jalan tersebut,” kata Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Qatar, Ancaman Martin kepada Bagnaia

Selain itu, menurut Bambang, saat ini sudah banyak bus keluaran terbaru ditopang oleh kekuatan mesin yang mumpuni. Maka dari itu, sudah banyak bus keluaran terbaru yang canggih dan punya torsi cocok untuk melibas medan jalan ekstrem di Indonesia. 

“Sopir juga harus punya keahlian khusus. Sebab, kalau sampai salah teknik dalam mengoperasikan gigi dan juga sistem lainnya, bus tidak akan bisa menaklukkan tanjakan SpongeBob,” kata Bambang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250