banner 728x250

Kebiasaan Ceroboh Pengendara Motor, Serobot Saat Mobil Menghalang

Kebiasaan Ceroboh Pengendara Motor, Serobot Saat Mobil Menghalang
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan buruk pengendara motor kerap ditemui di jalanan Indonesia. Salah satunya yang suka tidak sabar ketika ada mobil yang sedang parkir atau putar balik.

Kejadian tersebut bisa dilihat dari unggahan akun dashcam indonesia di Instagram. Kelihatan ada mobil yang bersiap mundur buat masuk ke jalan, tapi saat mau maju, tiba-tiba ada motor yang menyalip dari kiri, hampir tertabrak.

banner 325x300

Kejadian seperti ini mirisnya sudah jadi kebiasaan. Pasti ada saja pengendara motor yang tidak sabar saat ada halangan di depannya, memilih buat nyelip daripada aman menunggu.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Alva di IIMS 2024 Tembus Rp 9 Juta

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memang banyak ditemui pengendara motor yang masih tidak sabar di jalan, ada celah sedikit langsung paksa masuk, padahal berisiko celaka.

“Mereka seperti itu karena kebiasaan, bukan terburu-buru atau mendesak. Itulah gambaran lingkungan berkendara, saat berusaha hati-hati ada saja pengendara lain yang justru membahayakan kita,” kata Agus kepada Kompas.com, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Berburu Mobil Klasik BMW E30, Harga Pasarannya Gelap

Kebiasaan tersebut adalah mengendarai motor dengan ceroboh. Jadi bukan tidak sabar saja, mereka pilih ingin cepat saja, tidak bisa sabar memberi kesempatan orang buat jalan.

“Mereka tidak mempedulikan keselamatannya, yang penting dia bisa lewat terus,” kata Agus.

Sayangnya, kebiasaan ini ada saja penyebabnya dan orang berbeda-beda. Edukasi tentang pemahaman saling berbagi di jalan seharusnya bisa jadi solusinya, cuma memang belum terlaksana di Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250