banner 728x250

Impresi Berkendara Polytron Fox R, Mumpuni buat Harian dan Jarak Jauh

Impresi Berkendara Polytron Fox R, Mumpuni buat Harian dan Jarak Jauh
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Polytron Fox R merupakan motor listrik dengan harga Rp 13,5 juta tapi punya performa yang luar biasa. Bayangkan saja, punya kecepatan puncak sampai 95 Kpj dan diklaim bisa melaju sejauh 130 Km sekali cas.

Soal posisi berkendara, sebenarnya buat orang dengan postur di atas 170cm, rasanya seperti jongkok. Berarti dek tinggi, tapi jok kurang naik, menyebabkan bokong lebih rendah dari lutut, kurang nyaman. 

banner 325x300

Kekurangan tersebut bisa diakali dengan menambah busa di jok, jadi lebih tinggi. Tapi, bicara rata-rata tinggi orang Indonesia, 158-163,5 Cm, masih bisa nyaman.

Baca juga: Fitur Canggih Polytron Fox R, dari Aplikasi Sampai Peringatan

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Soal manuver, Fox R masih terbilang stabil dan nurut. Cuma kembali lagi untuk yang posturnya tinggi, setang bisa menempel ke kaki kalau dibelokkan penuh.

Satu catatan yang terasa adalah suspensi tergolong keras, apalagi kalau dipakai sendirian. Terasa sekali kalau melewati lubang yang tidak terlalu dalam atau saat melintasi kontur jalan yang tidak rata. Kompensasinya, saat kecepatan tinggi, motor lebih stabil saat menikung.

Sekarang bahas performanya, ini memang tidak main-main. Tersedia dua mode berkendara, D dan S yang punya karakter dan kecepatan puncak yang berbeda.

Baca juga: Begini Cara, Syarat dan Biaya Bikin SIM Online 2024

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Buat D, respons dari gas ke dinamo yang tenaganya 3.000 Watt ini terasa mulus. Kecepatan puncaknya bisa sampai 60 Kpj sampai 70 Kpj.

Berbeda kalau dipindah ke S, tarikan gasnya jadi responsif. Kecepatan puncak 95 Kpj bisa dengan mudah diraih. Buat pemakaian harian, motor listrik ini mumpuni, bisa kencang tapi dibawa santai juga enak.

Kemudian, performa dari baterai 3,75 kWh ini sebenarnya yang bikin pengendara tidak khawatir betot gas Fox R. Berdasarkan pengetesan kami, Fox R seharusnya bisa melaju sejauh 125 Km sekali cas, tidak berbeda jauh dengan apa yang diklaim.

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Hasil tersebut kami dapatkan dengan gaya berkendara yang normal, bukan cari hemat. Jadi kalau di kemacetan santai, tapi saat mulai sepi, bisa tarik gas dan mengebut.

Cuma yang sayang, indikator baterai di instrument cluster cuma dalam satuan persen saja, bukan sisa jarak yang bisa ditempuh. Padahal bakal bikin lebih tenang lagi kalau pengendara tahu sisa baterai dengan indikator jarak.

Secara keseluruhan, Fox R sangat mumpuni dengan harga yang Rp 13,5 juta dapat performa yang melimpah. Buat kekurangannya seperti jok dan suspensi, sebenarnya bisa diakali dengan tambah busa dan ganti suspensi yang lebih empuk.

Tidak heran makanya sekarang sering melihat Fox R berlalu-lalang di jalanan. Memang pabrikan dalam negeri ini menawarkan motor yang mumpuni dengan harga yang relatif ekonomis.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250