banner 728x250

Mitos atau Fakta, Mengecas Motor Listrik Tidak Boleh sampai Penuh?

Baterai Motor Listrik, Lebih Cocok Lithium Ion atau LFP?
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Motor listrik merupakan kendaraan roda dua tanpa emisi gas buang karena sudah tidak lagi memerlukan bahan bakar minyak (BBM).

Sebagai gantinya, motor listrik memerlukan baterai sebagai penampung daya listrik sehingga motor bisa dilajukan sampai jarak tempuh tertentu.

banner 325x300

Oleh sebab itu, penting menjaga kesehatan baterai motor listrik mengingat perannya sangat penting untuk motor listrik.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Baterai Motor Listrik Harus Dicopot Saat Dikirim ke Konsumen

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Salah satu kabar yang beredar di masyarakat, saat mengecas motor listrik tidak boleh sampai penuh agar baterainya awet. Lantas, apakah informasi tersebut benar?

Chief Business Officer PT Ilectra Motor Group (IMG) Putu Swaditya Yudha mengatakan, pengisian daya baterai pada motor listrik, khususnya pada motor Alva bisa dilakukan sampai penuh.

“Silakan saja mengisi daya baterai motor listrik sampai penuh, khususnya Alva sudah dilengkapi baterai management system (BMS) sehingga ketika sudah penuh pengisian akan berhenti secara otomatis,” ucap Aditya kepada Kompas.com, Minggu (21/1/2024).

Baca juga: Ketahui Penyebab Motor Listrik Terbakar Saat Dicas

Kondisi baterai dan jarak tempuh dari Alva CervoKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kondisi baterai dan jarak tempuh dari Alva Cervo

Dengan BMS ini, akan ada pengaturan arus listrik dan akan stop charging otomatis, menurut Adit. Selain itu, ada juga aplikasi MyALVA, yang bisa diinstal pada ponsel konsumen.

“Sehingga, konsumen bisa memantau status charging-nya, diisi sampai 100 persen tidak masalah, sedangkan sekadar untuk tips ketika level baterai sudah sampai 10 persen silakan diisi kembali,” ucap Adit.

CEO Elders Garage Heret Frasthio mengatakan, secara umum kini semua baterai motor listrik sudah dilengkapi BMS sehingga pengisian baterai bisa berhenti secara otomatis ketika sudah penuh.

Baca juga: Kenali 6 Perbedaan Sepeda Listrik dan Motor Listrik

Kolaborasi Elders Elettrico dan Slank bikin 4.040 paket konversiKOMPAS.com/FATHAN Kolaborasi Elders Elettrico dan Slank bikin 4.040 paket konversi

“Lebih aman dengan adanya BMS pada baterai motor listrik, hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan charger yang tidak sesuai dengan baterai terkait besarnya arus listrik yang masuk,” ucap Heret kepada Kompas.com, Minggu (21/1/2024).

Heret mengatakan, semakin besar arus listrik yang digunakan pada charger memang akan membuat baterai motor listrik lebih cepat terisi sampai penuh, tetapi ini justru merusak.

“Saat baterai motor listrik terisi dengan cepat, kondisinya akan panas sehingga dapat membuat baterai menjadi kembung, seperti pada ponsel, ini bila sering mengalami panas,” ucap Heret.

Baca juga: Elders Garage Klaim Penyaluran Motor Listrik Konversi Sudah 500 Unit

Jadi, dengan adanya BMS, baterai motor listrik tidak akan mengalami pengisian daya sampai terlalu penuh. Namun, untuk menjaga performa baterai, ada baiknya pengisian dilakukan tidak sampai membuatnya habis.

Penting juga untuk memilih charger saat ingin mengisi baterai motor listrik. Jika ada pilihan fast charging atau normal charging, sebaiknya pilih yang normal, biarpun pelan tapi lebih aman untuk keawetan baterainya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250